Busi Champion

Penyebab, Efek Buruk dan Cara Mengatasi Motor Ngebul!

Penyebab, Efek Buruk dan Cara Mengatasi Motor Ngebul!

Motor yang mengeluarkan asap atau sering disebut dengan istilah “ngebul” adalah masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik motor. Meskipun kelihatannya sepele, motor ngebul bisa menandakan adanya masalah serius pada mesin.

Sebenarnya motor yang mengeluarkan asap dari knalpot adalah hal yang normal jika mesin motor tersebut menggunakan sistem 2 tak. 

Mungkin, buat Anda yang belum tahu pasti penasaran, apa sih penyebab, efek buruk dan cara mengatasi motor ngebul? Simak, artikel ini sampai habis yah, agar wawasan Anda mengenai otomotif semakin bertambah.

Penyebab Motor Ngebul

Sebenarnya motor ngebul bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda tentu bisa merawat motor Anda agar tidak mudah ngebul. Berikut penjelasannya.

Karburator Bermasalah

Seperti yang Anda ketahui, karburator sendiri berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar masuk kedalam mesin sehingga bisa menciptakan pembakaran yang efisien.  Jika komponen ini bermasalah seperti kotor, ini bisa menghambat aliran bahan bakar ke sistem pembakaran.

Kondisi ini jika dibiarkan, campuran bahan bakar pada karburator tidak bisa bekerja dengan optimal. Lambat laun, ini bisa membuat motor Anda jadi berasap dan perlahan akan ngebul dengan sendirinya.

Penggunaan Oli yang Nggak Sesuai

Jadi setiap motor itu udah punya rekomendasi oli yang cocok digunakan. Misalnya dilihat berdasarkan kapasitas mesin, tipe motor dan lain sebagainya. Nah, oli sendiri berfungsi sebagai pelumas mesin agar bisa bekerja lebih optimal.

Ketika Anda menggunakan pelumas mesin yang nggak sesuai, ini bisa membuat kinerja mesin jadi terganggu. Apalagi kalau terlalu encer, pelumas yang digunakan bisa masuk ke sistem pembakaran yang bisa mengakibatkan motor mengeluarkan asap.

Kerusakan Seal Klep

Meskipun ukuran klep kecil, komponen ini penting banget lho pada mesin motor. Fungsinya sendiri untuk membuka dan menutup saluran udara dan bahan bakar.

Nah, Ketika klep motor rusak, oli pada mesin bisa bocor dan masuk ke ruang bakar. Oli ini kemudian akan terbakar bersamaan dengan bahan bakar sehingga menghasilkan asap putih.

Kondisi Mesin yang Kurang Optimal

Mesin yang sudah tua atau sering digunakan dalam kondisi ekstrem cenderung lebih mudah mengalami masalah. Ini biasanya, terjadi kalau bukan karena usia pemakaian kondisi mesin yang kurang optimal bisa disebabkan karena kurang perawatan.

Nah, kalau sudah seperti ini, banyak komponen mesin seperti piston, ring piston, dan dinding silinder bisa aus seiring waktu. Kondisi ini jugalah yang menyebabkan oli masuk ke ruang bakar sehingga membuat motor Anda jadi ngebul.

Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Selain itu, penggunaan bahan bakar yang kurang tepat ternyata juga bisa lho memicu motor ngebul. Sebagai informasi, setiap motor yang diproduksi biasanya sudah memiliki jenis bahan bakar yang direkomendasikan. 

Biasanya semakin berkualitas motor yang digunakan, semakin tinggi juga oktan bahan bakar yang dianjurkan. Nah, jika bahan bakar yang digunakan nggak sesuai sama mesin, ini bisa menyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna dan menghasilkan asap dari knalpot.

Ketahui Efek Buruk Motor Ngebul

Motor ngebul bukan hanya mengganggu penampilan dan kenyamanan berkendara, tetapi juga bisa menimbulkan efek buruk lainnya, baik bagi motor itu sendiri maupun lingkungan sekitar.

Bisa Memicu Kerusakan Mesin Lebih Parah

Motor yang terus-menerus ngebul bisa menandakan adanya kerusakan serius pada mesin. Kalau Anda tidak segera melakukan perbaikan, masalah ini bisa berkembang yang bisa memicu kerusakan yang lebih parah. Akan ada banyak komponen yang terkena dampaknya. 

Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Selain itu, kondisi motor ngebul juga bisa memuat sistem pembakaran menjadi kurang efisien. Hal ini bisa membuat konsumsi bahan bakar semakin meningkat, sehingga membuat biaya operasional Anda saat berkendara semakin tinggi.

Polusi Udara

Efeknya juga nggak cuma pada motor, asap yang dihasilkan oleh motor juga bisa berbahaya bagi lingkungan. Udara disekitar Anda akan tercemar sehingga berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan sekitar.

Performa Mesin Jadi Turun

Karena adanya permasalahan pada mesin, tentu saja motor ngebul bisa memuat kinerja mesin jadi menurun. Apalagi kalau tidak segera diatasi, ini bisa membuat kinerja motor saat digunakan kurang responsif. 

Potensi Bahaya Kecelakaan

Nah, nggak cuma itu meski cuma kelihatan sebatas asap, ini juga bisa berpotensi mengganggu pandangan pengendara disekitar. Kondisi ini tentu bisa meningkatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti risiko kecelakaan lalu lintas.

Begini Cara Mengatasi Motor Ngebul!

Setelah mengetahui penyebab dan efek buruk motor ngebul, langkah selanjutnya adalah tentu saja mencari cara untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi motor ngebul:

Periksa dan Ganti Ring Piston

Pertama Anda bisa melakukan pengecekan pada ring piston, kalau ternyata sudah rusak dan aus segera ganti dengan ring piston yang baru. Ingat, sebelum menggantinya, pastikan ring piston yang digunakan sudah sesuai dengan spesifikasi motor yah.

Ganti Seal Klep

Selain itu, Anda juga harus memeriksa seal klep, pastikan masih berfungsi dengan baik untuk mencegah oli masuk ke ruang bakar. Ganti seal klep dengan yang baru, pasang dengan benar agar berfungsi dengan optimal.

Lakukan Overhaul Mesin

Nah, kalau kondisi motor Anda sudah lama atau sering digunakan, Anda bisa melakukan overhaul mesin. Cara ini efektif banget untuk meminimalisir motor berasap.

Buat Anda yang belum paham, overhaul mesin sendiri adalah jenis perawatan yang melibatkan penggantian komponen yang aus atau rusak. Tujuannya yah untuk membuat mesin kembali bekerja dengan optimal.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan bahan bakar yang kurang berkualitas juga bisa mempengaruhi motor ngebul. Jadi pastikan menggunakan bahan bakar yang sesuai, agar kinerja mesin motor Anda tetap maksimal.

Gunakan Oli yang Sesuai

Pilih dan gunakan juga oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor Anda. Karena penggunaan oli yang tepat bisa membantu pelumasan mesin jadi lebih baik untuk mencegah pembakaran oli yang berlebihan. Selain itu, ganti oli mesin secara rutin agar mesin motor tidak gampang aus.

Lakukan Service Motor dengan Rutin

Selain membantu menjaga performa mesin motor, rutin perawatan juga bisa menjaga komponen mesin tetap berfungsi dengan baik. Di tahap ini juga komponen motor Anda akan dicek dengan baik untuk memastikan apakah masih layak digunakan atau tidak. Kalau komponen motor Anda semuanya sudah optimal, tentu ini bisa meminimalisir motor jadi ngebul.

Kondisi motor ngebul sendiri merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pemilik motor. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari jarang ganti oli,  kerusakan seal klep, kondisi mesin yang tidak prima, hingga penggunaan bahan bakar dan oli yang tidak sesuai. 

Motor ngebul tentu saja bisa menimbulkan efek buruk, seperti kerusakan mesin yang lebih parah, konsumsi bahan bakar meningkat, polusi udara, penurunan performa motor, dan potensi bahaya kecelakaan.

Untuk mengatasi motor ngebul, penting untuk melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin. Ganti ring piston dan seal klep jika diperlukan, lakukan overhaul mesin, gunakan bahan bakar dan oli yang sesuai, serta pastikan sistem pendingin dan pengapian bekerja dengan baik. Jika perlu, bawa motor ke bengkel profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, kamu bisa menjaga motor tetap dalam kondisi prima dan menghindari masalah seperti motor ngebul. Itulah sedikit penjelasan, tentang penyebab dan cara mengatasi motor ngebul, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua.

Oh iya, buat yang ingin mencari busi untuk motor kesayangan Anda, bisa langsung cek disini yah. Ada beragam jenis busi motor yang bisa kami sediakan untuk Anda. Nggak cuma busi motor, disini juga tersedia busi mobil, bajaj dan mesin lainnya. Untuk informasi harga dan pemesanan bisa langsung menghubungi kami melalui laman website ini yah, terima kasih!